This page needs JavaScript activated to work correctly !

This page will be redirect in 3 second !

Gambaran Sistem Operasi - Komponen & Fungsi - Networking | IDRaya.com

Gambaran Sistem Operasi - Komponen & Fungsi

Triawan NETWORKING 11/09/2020 13 Discusses 268 Views

Sistem operasi (operating system) adalah sebuah program yang mengelolah perangkat keras (hardware) komputer, serta memberikan dasar program untuk bertindak sebagai perantara (intermediary) antara pengguna (user) dengan hardware komputer. Hal yang menarik dari operating system (OS) adalah bagaimana sebuah OS dapat menyelesaikan tugas-tugas secara bervariasi.

all operating system Gambar Beberapa Logo Sistem Operasi.(Sumber: https://www.howtogeek.com/361572/what-is-an-operating-system, 2018)

Setiap sistem operasi yang dirancang (design) memiliki tujuan yang berbeda-beda, sesuai dengan sumber daya (resource) komputasi dari perangkat keras komputer itu sendiri, seperti.

  1. Mainframe Operating System: utamanaya dirancang untuk mengoptimalkan pemanfaatan (utilization) perangkat keras. Contoh Mainframe OS, z/OS dari IBM, MainframeOS yang berbasis komunitas, dll.
  2. Personal Computer (PC) Operating System: dirancang lebih fleksibel dalam penggunaannya seperti untuk office application, games application, maupun untuk application developer. Contoh PC OS: Windows, Linux Debian/Ubuntu, Mac OS, dll.
  3. Mobile Computer Operating System: dirancang dengan lingkungan (environment) yang memudahkan serta mengefisiensikan user agar dapat berinteraksi dengan komputer untuk menjalankan program. Contoh Mobile OS: Android, IOS, Windows Phone, dll.

Sebelum mempelajari lebih jahu tentang sistem operasi, terlebih dahulu kita harus mengetahui sturktur dasar sistemnya, sperti system startup, I/O, dan storage. Disini juga akan menyinggung mengenai dasar arsitektur komputer yang dapat menuliskan fungsional sistem operasi, kemudian memberikan gambaran umum tentang komponen utama sistem komputer kontemporer, kemudian berbagai fungsi yang disediakan oleh sistem operasi, serta struktur data yang digunakan pada sistem operasi.

Referensi

  1. Operating Systems: Internals and Design Principles (8th Edition), William Stallings, 2014.
  2. Operating System Concepts (9th Edition in Chinese) by Abraham Silberschatz et al.
  3. The Linux Programming Interface: A Linux and UNIX System Programming Handbook, Michael Kerrisk.

Agus Triawan/Triawan

 matriawan@gmail.com

Triawan is just an ordinary person, founder idraya[dot]com who just a little bit knows also likes try and error about devices, networks and programming/applications to solve challenges related to information technology.

If there is question, please discuss below. Very welcome and expected to provide corrections, criticisms, and suggestions.


We'll not share/display your email.
Example: Say <b>Hello</b> &lt;?php echo 'World'; ?&gt;
Output: Say Hello <?php echo 'World'; ?>
Words can come true for you, so be wise in speaking.
  • Fauzi Dzulfiqar Wibowo_1301174419 • 12/09/2020 16:27:40
    Server menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, seperti mekanisme akses file. maka dari itu keterkaitan antara server dengan ketiga sistem operasi tersebut saling memberikan banyak kebutuhan yang digunakan atau dibutuhkan.
  • Rifqi Luthfi_1301184138 • 12/09/2020 16:35:43
    jadi menurut pendapat saya keterkaitan Server dengan Mainframe, PC, serta Mobile dengan sistem operasi adalah Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya dan Sistem operasi akan mengatur manajemen komponen hardware menurut fungsinya agar dapat diarahkan sejalan dengan operator dan software.
  • Syahrul Ramadhan S_1301184517 • 12/09/2020 16:49:09
    Menurut saya, keterkaitan antara Mainframe, Personal Computer, Mobile Computer Operating System itu memiliki fungsi yang sama, yaitu menjadi penghubung / menjembatani para manusia dan komputer. Dikarenakan komputer memiliki bahasa nya tersendiri yaitu bahasa mesin. Basic nya komputer hanya mengerti ( ya atau tidak ), (nyala atau mati ), (on atau off), dan ( 1 atau 0).
  • Afdhalul zikra fuad_1301154647 • 12/09/2020 18:25:05
    Adanya Keterkaitan server dengan mainframe, pc, dan mobile dengan sistem operasi di karnakan semuanya memiliki karakteristik yg dapat menghubungkan antara user dengan perangkat keras walaupun tujuan atau kegunaannya berbeda
  • Admin • 12/09/2020 18:47:09
    Sementara jawaban yang diberikan Fauzi, Rifqi, Syahrul, dan Afdhalul sudah baik, tetapi perlu dilihat dari perspektif "layanan/service" yang berhungunan antara Server dengan Client.
  • Muhammad Abdurrohman Al Fatih_1301180154 • 13/09/2020 16:19:32
    Menurut saya, keterkaitan Server dengan Mainframe, PC, serta Mobile pada sistem operasi adalah Server sebagai penyedia layanan dan Mainframe, PC, serta Mobile sebagai pengguna layanan yang berkomunikasi lewat jaringan. Layanan disini bisa bermacam-macam tergantung dengan tipe servernya. Ada server yang khusus untuk menangani website, ada juga yang menangani transfer file, ada juga yang menangani database, dan lain-lain.
  • Gisela Yunanda_1301184462 • 13/09/2020 16:58:06
    Menurut saya, sistem operasi adalah sebuah program yang mengendalikan semua fungsi pada komputer. Selain hardware, aplikasi, file / folder, dan interaksi pengguna, sistem operasi juga mengendalikan jaringan / server, hal ini disebut sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna. Contohnya adalah Windows, Unix/Linux, Mac, yang dirancang memiliki tujuan berbeda beda yang dikategorikan menjadi Mainframe, PC, serta Mobile
  • Muhammad Alwi_1301184393 • 13/09/2020 17:51:16
    bagi saya keterkaitan Server dengan Mainframe, PC, serta Mobile dengan sistem operasi adalah pengaturan akses pada sebuah jaringan yg sama agar bisa saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam sebuah jaringan
  • Sarah Rahmawati_1301184271 • 13/09/2020 19:15:36
    Menurut saya keterkaitan antara server dengan mainframe, pc, serta mobile pada sistem operasi adalah seluruh aspek tersebut mempunyai ciri-ciri yang sama, yaitu menghubungkan antara user dengan perangkat. apabila user ingin mengakses pelayanan yang menggunakan jaringan, maka server akan memberikan layanan tersebut.
  • Rizky Dewa Sakti_1301180358 • 13/09/2020 20:48:31
    Menurut saya, keterkaitan antara Server, Mainframe, PC, dan Mobile pada Sistem Operasi dapat saya jabarkan pada penjelasan dibawah: 1. Mainframe merupakan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi rumit dalam jangka waktu yang sangat singkat. Umumnya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang menangani data seperti transaksi finansial, sensus, riset penelitian dan keperluan militer. 2. PC merupakan perangkat komputer serba guna yang memiliki ukuran, kemampuan, dan harga tersendiri yang hanya digunakan oleh individu (pribadi) atau perseorangan. 3. Mobile merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang kegunaannya hampir mirip dengan PC, hanya saja lebih fleksibel karena dapat dibawa kemana saja. Ketiga perangkat tersebut dapat berjalan dengan baik dengan adanya SISTEM OPERASI yang berguna untuk perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Ketiga perangkat tersebut dapat saling berhubungan atau "berkomunikasi". Sebagai contoh saat sedang ada acara "PEMILU online". Perangkat PC dan Mobile (klien) yang memiliki segment user "pengguna akhir" dapat melakukan proses voting. Setelah itu pada setiap vote yang dilakukan oleh user akan diteruskan kepada mainframe untuk diolah oleh pemerintah melalui Server agar data yang dikirimkan oleh PC & Mobile dapat dibaca/diakses oleh mainframe dan menghindari corrupted data file. Server sangat penting dalam proses komunikasi antara satu Perangkat Elektronik dengan yang lain. Karena server merupakan "jembatan" antara beberapa klien, server memiliki prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar serta dilengkapi dengan SISTEM OPERASI khusus yang disebut sebagai SISTEM OPERASI JARINGAN untuk mendukung kinerja server.
  • Muhammad Shulhannur_1301180396 • 13/09/2020 22:24:30
    Keterkaitan Server dengan Mainframe, PC, serta Mobile pada sistem operasi dilihat dari perspektif "layanan/service" yang berhungunan antara Server dengan Client adalah : server yang terhubung dengan PC, maupun mobile client menyediakan layanan dan kemampuan untuk komputer client, yang memungkinkan client untuk melakukan pekerjaannya dengan perangkat lebih kecil dan hemat biaya, ketimbang menggunakan sistem mainframe yang terpusat.
  • Nurhidayat_1301164297 • 14/09/2020 08:04:02
    Berdasarkan pemahaman saya, keterkaitan antara server dengan Mainframe serta Mobile pada OS merupakan suatu server yang didalamnya terdapat beberapa fitur diantaranya pengoptimasi yang dapat diakses client dan Mobile sendiri ini berfungsi untuk akses yang bertujuan untuk client itu sendiri menggunakan server itu sendiri.
  • Made Dwi Dharma Sreya_1301198516 • 14/09/2020 21:46:19
    Menurut saya hubungan antara Server dengan Mainframe, PC dan Mobile merupakan hubungan antara Server dan Client. Dimana Server sebagai penyedia layanan dan Mainframe, PC dan Mobile sebagai Client yg menerima layanan