This page needs JavaScript activated to work correctly !

This page will be redirect in 3 second !

Bagaimana Aplikasi Web Bekerja - Komponen Aplikasi Web | IDRaya.com

Bagaimana Aplikasi Web Bekerja - Komponen Aplikasi Web

Triawan Programming 26/02/2019 0 Comment 14 Views

World Wide Web (WWW), singkatnya dan sering disebut dengan Web, terdiri dari berbagai komponen yang saling bekerja sama untuk menampilkan halaman Web, baik melalui jaringan lokal maupun Internet. Sebelum halaman dapat ditampilkan, secara garis besar dan singkat, terdapat tiga komponen dari aplikasi Web yang terdiri dari client, server, dan network yang saling berinteraksi.

Artikel Terkait

Berikut artikel lainnya yang terkait atau berhubungan dengan pembahasan ini.

Komponen Client

Komponen client yaitu perangkat komputer yang mampu mengakses halaman Web melalui aplikasi Web Browser, baik melalui antarmuka berbasis Graphical User Interface (GUI) atau Command Line (CLI). Contoh aplikasi Web Broser berbasis GUI yang umumnya dikenal/populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan Opera. Sedangkan untuk CLI seperti Lynx, w3m, Links2, dan Elinks.

Komponen Server

Komponen server yaitu perangkat komputer yang dilengkapi/di-install aplikasi Web Server, umumnya menggunakan Apache dan Nginx dibaca, "en-jin-eks" serta disinilah file aplikasi ditempatkan.

apache vs nginxGambar Maskot Apache dan Nginx(Sumber: digitalocean.com, 2015)

Secara garis besar fungsi dari komponen server yang ditangani oleh Web Server yaitu untuk memberikan response/jawaban sesuai dengan request/permintaan dari komponen client, yang tentunya melalui aplikasi Web Browser.

Komponen Network

Topik mengenai network merupakan pembahasan yang sangat luas, oleh karena itu dipusatkan mengenai konsep network/jaringan berbasiskan Internet Protocol Address (IP Address) pada komputer. Untuk menghubungkan antara komponen client dengan server agar dapat saling berkomunikasi, dihubungkan melalui sistem network. Prinsip sederhananya adalah pada setiap komponen baik client atau server, memiliki alamat IP Adress yang unik/tidak sama. Permisalan dalam sekala kecil atau sekala Local Area Network (LAN), komponen server diberikan IP Address 192.168.100.1, sedangkan komponen client diberikan IP Address 192.168.100.2, dan dihubungkan melalui kabel/wired atau melalui wireless/tanpa kabel.

Keterhubungan Komponen

Berikut ini pada Gambar Komponen Aplikasi Web, menjelaskan keterhubungkan cara kerja antara komponen yang dimulai dari komponen client, network, dan server.

Komponen Aplikasi WebGambar Komponen Aplikasi Web

Penjelasan

Berikut ini penjelasan dari setiap keterhubungan komponen yang terdapat pada Gambar Komponen Aplikasi Web.

  • Proses request yang dilakukan oleh client dapat berupa file atau message/pesan seperti HTML, PDF, JSON, XML, audio/video dan lainnya, berdasarkan Uniform Resource Locator (URL) yang di-input melalui Address bar pada Web Browser. Contoh alamat URL untuk mengakses halaman html "https://idraya.com/single/about.html". Untuk proses request komponen client harus mengetahui nomor port Web Server yang digunakan oleh komponen server, seperti port 80, 443, 21, 8080, dan lainnya. Meskipun demikian, standarnya/default-nya, kita tidak perlu mengetikkan nomor port yang digunakan oleh Web Server. Sebagai contoh, kita cukup mengetikkan google.com pada Web Browser, dan selanjutnya akan diarahkan ke port 443 (standar port https) yang ditangani oleh Web Server Google secara otomatis.
  • Untuk melakukan proses komunikasi dalam hal ini dengan menggunakan metode request/respone melalui jaringan, antara komponen client dan server harus menggunaan protocol/aturan komunikasi yang sama. Seringnya protocol yang digunakan seperti HTTP, FTP, dan WebSocket.
  • Setelah komponen client melakukan proses request, selanjutnya komponen server yang ditangani oleh Web Server, akan menjawab/respone dengan cara mengembalikan permintaan ke Web Browser yang digunakan pada komponen client.

Jika terdapat pertanyaan silahkan memberikan komentar dibawah. Sangat dipersilahkan dan diharapkan untuk memberikan koreksi, kritik, dan saran.

Agus Triawan/Triawan

 matriawan@gmail.com

Triawan is just an ordinary person, founder idraya[dot]com who just a little bit knows also likes try and error about devices, networks and programming/applications to solve challenges related to information technology.


Example: Say <b>Hello</b> &lt;?php echo 'World'; ?&gt;
Output: Say Hello <?php echo 'World'; ?>

Be The First to Comment :D