This page needs JavaScript activated to work correctly !

This page will be redirect in 3 second !

Bagaimana Aplikasi Web Bekerja - Proses Halaman Web Statis | IDRaya.com

Bagaimana Aplikasi Web Bekerja - Proses Halaman Web Statis

Triawan Programming 27/05/2019 0 Comment 22 Views

Halaman Web statis memiliki karakteristik diantaranya yaitu perubahan isi atau konten dari halaman Web itu sendiri, hanya dapat dilakukan oleh pengembang Web/Web Developer itu sendiri, dengan cara merubah secara langsung ke halaman Web tersebut, istilah lainnya disebut dengan metode hard code; Karakteristik selanjutnya yaitu kontent dari halaman Web tersebut tidak diambil dan disimpan ke dalam database, baik berupa file atau menggunakan sistem relational database management system (RDBMS) seperti MySQL.

Artikel Terkait

Berikut artikel lainnya yang terkait atau berhubungan dengan pembahasan ini.

Proses Web Statis

Umumnya halaman Web statis disimpan ke dalam file dengan ekstensi ".htm" atau ".html". Untuk proses pengaksesannya sendiri dapat dieksekusi/dijalankan secara langsung dengan membuka file Web statis tersebut menggunakan Web Browser, dan juga dapat diakses melalui server yang diganani oleh Web Server. Jika proses pengaksesannya melalui server, maka akan terjadi proses request dan response, untuk lebih detailnya dapat merujuk ke artikel mengenai cara kerja komponen aplikasi web yang telah dijelaskan.

Berikut ini contoh dari halaman Web statis yang disimpan kedalam file dengan ekstensi ".html", dan dapat dieksekusi/dibuka langsung menggunakan Web Browser atau melalui Web Server dengan cara di-upload terlebih dahulu.


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
	<title>Hello World Page!</title>
</head>
<body>
	<h1>HTML: Hello World!</h1>
	<h2>Thank you for visiting us</h2>
	<?php echo 'PHP: Hello World'; ?>
</body>
</html>

File hello-world.html

Untuk percobaan, silahkan copy dan paste source code diatas dan disimpan kedalam file dengan nama "hello-world.html" atau dapat disesuaikan dengan keinginan.

hasil file hello world html Gambar Hasil File hello-world.html

Pada Gambar Hasil File hello-world.html, hasil eksekusi baik melalui atau tanpa melalui Web Server, terlihat bahwa hanya mampu menterjemahkan dan menampilkan ke Web Browser hanya struktur dari program HTM/HTML saja.

Penutup

Meskipun file Web statis umumnya disimpan kedalam ekstensi ".htm/.html", tidak tertutup kemungkinan file dapat disimpan ke dalam ekstensi lainnya. Sebagai contoh disimpan kedalam ekstensi ".txt", selanjutnya jika dieksekusi dan dibuka menggunakan Web Browser, maka akan terlihat seluruh isi atau struktur pemformatan kode dari file tersebut, dan hal ini disebut dengan plain text/clear text atau dapat diartikan sebagai teks mentah. Kondisi ini berlaku bila file Web statis diakses melalui server maupun tanpa melalui server/Web Server. Berikut pada Gambar Hasil File hello-world.txt yang ditampilkan pada Web Browser.

hasil file hello world txt Gambar Hasil File hello-world.txt

Contoh lainnya penyimpanan file Web statis disimpan ke dalam ekstensi ".php", yang tentunya harus diakses melalui server, karena ekstensi ini akan di eksekusi oleh Web Server. Untuk melakukan percobaan silahkan menyimpan fcontoh source code "hello-world.html" diatas kedalam file menggunakan ekstensi ".php", dan tentunya diunggah/di-uploade ke Web Server.

hasil file hello world php Gambar Hasil File hello-world.php

Jika dibandingkan sumber kode baris kode ke 9 antara Gambar Hasil File hello-world.html bahwa dengan dengan Gambar Hasil File hello-world.php, dipereoleh bahwa pada file dengan ekstensi ".htm/html" tidak menampilkan output baris kode ke 9 tersebut, sedangkan pada file dengan ekstensi ".php" akan menampilkan output pada baris ke 9 tersebut.

Hal ini terjadi karena file dengan ekstensi ".htm/html" tidak dapat menterjemahkan baris kode ke 9 meskipun di eksekusi oleh Web Server. Sedangkan jika menggunkan ekstensi ".php", Web Server dapat mengekseskusi/menterjemahkan baris kode tersebut beserta struktur pengkodean HTM/HTML, sehingga memberikan keluaran/output yang terlihat pada Web Browser.

Jika terdapat pertanyaan silahkan memberikan komentar dibawah. Sangat dipersilahkan dan diharapkan untuk memberikan koreksi, kritik, dan saran.

Agus Triawan/Triawan

 matriawan@gmail.com

Triawan is just an ordinary person, founder idraya[dot]com who just a little bit knows also likes try and error about devices, networks and programming/applications to solve challenges related to information technology.


Example: Say <b>Hello</b> &lt;?php echo 'World'; ?&gt;
Output: Say Hello <?php echo 'World'; ?>

Be The First to Comment :D