This page needs JavaScript activated to work correctly !

This page will be redirect in 3 second !

Web Server di Windows dan Mac: Installasi dan Pengujian XAMPP | IDRaya.com

Web Server di Windows dan Mac: Installasi dan Pengujian XAMPP

Triawan Programming 27/05/2019 0 Comment 5 Views

Jika ingin membangun/membuat aplikasi berbasis Web, biasanya dibangun secara lokal terlebih dahulu/localhost, sehingga tidak perlu membeli hosting maupun nama domain terlebih dahulu. Sehingga sebagai langkah awal, diperlukannya penginstalasian aplikasi Web Server, dan bahkan jika aplikasi yang dibangun bersifat dinamis, maka diperlukan database yang biasanya menggunakan relational database management system (RDBMS) seperti MySQL. Belum lagi jika aplikasi Web yang akan dibangun memerlukan/menggunakan email server, maka diperlukan berbagai aplikasi tambahan yang harus di-install pada komputer.

Artikel Terkait

Berikut artikel lainnya yang terkait atau berhubungan dengan pembahasan ini.

Mengenal XAMPP

Salah satu aplikasi Web Server yang sering digunakan adalah XAMPP. Hal ini karena pada aplikasi XAMPP telah digabung/bundling dengan berbagai paket aplikasi pendukung lainnya, dan hal ini sering disebut dengan stack package development. Pernyataan ini sesuai dengan arti dari akronim/kependekan dari nama aplikasi XAMPP itu sendiri, berikut penjelasannya pada Tabel Akronim XAMPP.

Tabel Akronim XAMPP(Sumber: apachefriends.org)
# Huruf Arti
1 X Cross-platform/Dapat berjalan diberbagai sistem operasi
2 A Apache/Diperluas sebagai Web Server Apache HTTP server
3 M Merujuk kepada RDBMS MySQL menggunakan versi MariaDB yang bersifat Free, open-source, and for community
4 P Digunakan untuk mendukung bahasa Pemrograman PHP
4 P Digunakan untuk mendukung bahasa Pemrograman Perl

Fungsi utama dari aplikasi XAMPP adalah sebagai Web Server menggunakan paket aplikasi Apache, tetapi terdapat beberapa paket aplikasi lainnya yang biasanya sudah terdapat pada aplikasi XAMPP itu sendiri, diantaranya yaitu:

  • Apache sebagai Web Server.
  • Dukungan bahasa pemrograman PHP dan Perl.
  • RDBMS MySQL versi MariaDB.
  • phpMyAdmin untuk menganagi proses administrasi MySQL melalui Web menggunakan bahasa pemrograman PHP.
  • FileZilla untuk menangani proses pegiriman file baik upload/download antara client/server yang mendukung protocolFTP/SFTP.
  • Mercury untuk mengirimkan email atau sebagai email server lokal.
  • Tomcat bertindak sebagai Web Server untuk menagani teknologi Java, seperti pengimplementasian Java Servlet, JavaServer Pages, Java Expresssion Languange dan teknologi Java WebSocket.

Instalasi XAMPP

Pada instalasi Web Server dispesifikan untuk lingkungan sistem operasi Windows, sedangkan untuk pengguna Mac dapat disesuaikan dengan langkah-langkah yang dijabarkan, serta tidak tertutup kemungkinan dapat diterapkan pada pengguna Linux berbasis GUI seperti Ubuntu Desktop. Berikut tahapan instalasinya.

  1. Download aplikasi XAMPP langsung dari sistus resminya, melalui link berikut Aplikasi XAMPP, pilih versi 7.2 yang terbaru.

    pemilihan xamppGambar Pemilihan XAMPP(Sumber: apachefriends.org, 2019)

    Alasan untuk memilih versi 7.2.XX salah satunya adalah karena terdapat berbagai fitur terbaru, serta berbagai dukungan pustaka/library menyarankan untuk menggunakan PHP versi 7 keatas. Jika sistem operasi anda menggunakan 32 bit, maka secara otomatis akan menjadi 32 bit, maupun sebaliknya apabila menggunakan 64 bit. Jika sistem operasi anda menggunakan 64 bit dan ingin menggunkan XAMPP 32 bit, maka sistem operasi anda dapat menggunakan XAMPP, tetapi tidak berlaku sebaliknya.
  2. Selanjutnya double click aplikasi XAMPP telah selesai di-download, maka akan terlihat window/jendela seperti pada Gambar Setup Installer, dan klik Next.

    setup installer xamppGambar Setup Installer

  3. Kemudian akan terlihat window seperti pada Gambar Pemilihan Komponen yang akan di-install, centang/pilih selurunya komponen/paket yang ada, dan klik Next.

    pemilihan komponen xamppGambar Pemilihan Komponen

  4. Berikutnya akan terlihat window seperti pada Gambar Lokasi Folder Instalasi, yang secara default/standarnya akan diarahkan ke folder C:\xampp, dan klik Next.

    lokasi installer xamppGambar Lokasi Instalasi Folder

  5. Jika window selanjutnya terlihat dengan judul Bitnami for XAMPP, hilangkan centang/uncheck pada Learn more about Bitnami for XAMPP, dan klik Next. Apabila terlihat window dengan judul Ready to Install, klik saja Next untuk memulai proses instalasi XAMPP.

    proses instalasi xamppGambar Proses Instalasi XAMPP.

Pengujian XAMPP

Sebelum mencoba untuk menguji ataupun bekerja dengan XAMPP, yang harus diingat pertama kali yaitu lokasi folder instalasi XAMPP yang telah ditentukan pada tahapan sebelumnya, dalam hal ini yaitu pada directory folder C:\xampp. Karena disinilah folder utama Web Server berjalan.

Kemudian folder selanjutnya yang harus diingat yaitu folder htdocs yang berada didalam folder xampp, sehingga struktur directory-nya menjadi C:\xampp\htdocs. Folder htdocs digunakan untuk menyimpan berbagai file dan folder dari aplikasi Web yang akan dibangun dan menjadi directory utama/root directory.Sehingga folder htdocs inilah akan dilihat dan dibaca pertama kali oleh Web Server Apache melalui domain localhost.

Pengujian XAMPP dilakukan secara mendasar untuk mengetahui apakah Web Server dapat bekerja dengan baik dalam meng-intepreter/menterjemahkan berbagai file aplikasi web, berikut tahapannya.

  1. Jalankan aplikasi XAMPP Telebih dahulu dengan cara melakukan double click icon control panel XAMPP yang terdapat pada start menu sistem operasi.

    icon xamppGambar Icon XAMPP

    Setelah itu, klik action start pada modul Apache dan MySQL yang terdapat pada window/jendela control panel XAMPP.

    control panel xamppGambar Control Panel XAMPP

  2. Selanjutnya buatlah sebuah folder dengan nama test, sehingga struktur lengkap dari directory-nya menjadi C:\xampp\htdocs\test.
  3. Pada folder test, pertamakali buatlah sebuah file dengan nama dan ekstensi info.php, selanjutnya isikan dengan kode berikut.

    		
    			<?php echo phpinfo(); ?>
    		
    		
    File info.php

    fungsi dari phpinfo umumnya digunakan untuk memeriksa pengaturan/konfigurasi dari berbagai variabel standar/default yang diberikan oleh sistem aplikasi XAMPP.
  4. Kemudian masih pada folder test, buatlah sebuah file dengan nama dan ekstensi hello-world.php, selanjutnya isikan dengan kode berikut.

    		
    		<!DOCTYPE html>
    		<html>
    		<head>
    			<title>Hello World Page!</title>
    		</head>
    		<body>
    			<h1>HTML: Hello World!</h1>
    			<h2>Thank you for visiting us</h2>
    			<?php echo 'PHP: Hello World'; ?>
    		</body>
    		</html>
    		
    		
    File hello-world.php

  5. Terakhir akseslah setiap file tersebut menggunakan Web Browser, melalui alamt URL http://localhost/test/info.php dan URL http://localhost/test/hello-world.php.

Hasil Pengujian

Berikut ini hasil keluaran dari file info.php dan file hello-world.php.

hasil file info php Gambar Hasil File info.php

hasil file hello world php Gambar Hasil File hello-world.php

Sebagai tambahan untuk mengakses phpMyAdmin, gunakan alamat url http://localhost/phpmyadmin, selanjutnya jika diminta akses akun, masukkan username root dan kosongkan password, kemudian klik login.

hasil phpmyadmin Gambar Hasil phpMyAdmin

Jika terdapat pertanyaan silahkan memberikan komentar dibawah. Sangat dipersilahkan dan diharapkan untuk memberikan koreksi, kritik, dan saran.

Agus Triawan/Triawan

 matriawan@gmail.com

Triawan is just an ordinary person, founder idraya[dot]com who just a little bit knows also likes try and error about devices, networks and programming/applications to solve challenges related to information technology.


Example: Say <b>Hello</b> &lt;?php echo 'World'; ?&gt;
Output: Say Hello <?php echo 'World'; ?>

Be The First to Comment :D